Sabtu, 01 November 2014

Cara Memanajemen Waktu

Berikut ini cara yang dapat digunakan untuk dapat memanajemen waktu dengan baik, yaitu:
1.      Tetapkan tujuan
Sebelum melakukan kegiatan, hal yang harus ditetapkan terlebih dahulu adalah menetapkan tujuan. Dengan tujuan yang jelas, maka akan dengan mudah dilakukan langkah selanjutnya dan tentunya ditetapkan waktunya.
2.      Lakukan perencanaan
Tetapkan  rencana apa saja yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Buat rencana secara cermat. Misalnya rencana  untuk menyusun proposal, mengadakan presentasi, menemui klien,  memulai bisnis baru, dan lain-lain.
3.      Tetapkan skala prioritas
Setelah membuat perencanaan, buatlah daftar hal-hal yang harus dicapai dalam waktu dekat. Misalnya, apa yang harus dikerjakan dalam  minggu depan, bulan depan, tahun depan, dan seterusnya.
4.      Batasi rencana
Terlalu banyak rencana bukanlah hal yang baik karena  tidak mungkin mengerjakan semuanya. Rencana yang terlalu banyak  hanya akan membuat stres. Bahkan gagal mencapainya. Buatlah rencana yang yakin dapat  segera diselesaikan.
5.      Luangkan waktu
Walaupun sudah memiliki sejumlah rencana yang akan segera dikerjakan, namun tetap luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan untuk diri pribadi. Misalnya tidur/beristirahat, melakukan hobi, berkumpul dengan keluarga dan sahabat, berolahraga, belanja, dan bermain internet. Tetapi jangan sampai kesenangan itu menyita waktu sehingga mengesampingkan hal-hal yang lebih penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar